Tahap dan siklus tidur yang baik dan benar



Siklus Tidur Yang Baik Dan Normal mempunyai lima tahap, seperti yang di katakana oleh salah satu dokter di RSUP dr.sarjito, Yogyakarta. 
kuyalamban.com

Seperti yang kita ketahui, tidur adalah salah satu hal yang wajib untuk di lakukan, bahkan normalnya tidur di lakukan selama 7-8 jam perhari.

Tidur yang berkwalitas harus memenuhi lima tahapan tidur, sebagai berikut:

Tahap pertama adalah waktu memulai tidur, dimana pada tahap ini kita tidur setengah sadar, atau sudah tertidur tetapi masih sedikit sadar dan masih bisa mendengar suara-suara, namun mata sudah tertutup. Tahap ini biasanya berlangsung selama  15 menit, setelah tahap ini terlalui orang akan masuk pada tahap tidur ke dua.

Tahap kedua adalah tahap dimana tekanan darah sudah mulai menurun dan detak jantung mulai pelan.  Pada tahap ini terjadi relaksasi pada tubuh dan otakpun mulai beristirahat dari kerja beratnya selama seharian . selanjutnya orang akan masuk pada tahap tiga dan empat, dimana pada kedua tahap ini sudah masuk pada tahap tidur pulas.

Tahap ketiga adalah fase dimana tubuh akan memperbaiki sel-sel rusak setelah seharian beraktivitas. Di lanjut ke tahap ke empat.

 tahap ke empat adalah tahap dimana pada tahap ini suhu tubuh masih menurun, biasanya pada tahap ini terjadi mimpi, dan kadangkala kita terbangun dari mimpi, dan merasakan tubuh belum segar. Dan memilih untuk tidur kembali, hal ini di karenakan fase tidur masih belum selesai, sehingga badan belum terasa fit kembali.

Tahap ke lima, atau merupakan tahap terakhir dari fase tidur yang sempurna adalah fase dimana suhu tubuh dan tekanan darah kembali meningkat, biasanya di sertai dengan mimpi yang utuh dan biasanya kita justru enggan untuk bangun. Berakhirnya fase ini menandakan bahwa tubuh sudah siap untuk beraktifitas kembali.

0 Response to "Tahap dan siklus tidur yang baik dan benar"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.