apasih ARTI makar, kok banyak netizen heboh dengan kata ini

menurut kamus besar bahasa indonesia KBBI makar menpunyai beberapa arti 1. akal busuk, tipu muslihat, 2. perbuatan atau usaha dengan maksud untuk menyerang atau membunuh seseorang, 3. perbuatan dengan tujuan menjatuhkan pemerintahan yang sah.

makar juga di atur dalam kitab undang-undang hukum pidana sebagai kejahatan terhadap keamanan negara, terutama pada pasal 104, 107 dan 108 dengan ancaman yang tidak main-main, yaitu hukuman mati.

bunyi pasal 104:
makar dengan maksud membunuh, atau merampas kemerdekaan atau meniadakan kemampuan presiden dan wakil presiden dalam memerintah, di ancam dengan hukuman mati, hukuman seumur hidup atau hukuman pidana sementara maksimal 20 tahun.

bunyi pasal 107:
(1). makar dengan maksud menggulingkan pemerintah, di ancam dengan hukuman pidana penjara paling lama 15 tahun.

(2). para pemimpin dan pengatur makar tersebut dalam ayat 1, diancam dengan pidana seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama 20 tahun.

bunyi pasal 108:

1. barang siapa bersalah karena pemberontakan di ancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun:

(1). orang yang melawan pemerintah dengan senjata
(2). orang yang bermaksud melawan pemerintah indonesia dengan cara menyerbu secara bersama-sama atau menggabungkan diri pada gerombolan yang melawan pemerintah dengan senjata.

2. para pemimpin yang mengatur pemberontakan di ancam dengan pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara sementara paling lama 20 tahun.


ada orang yang menyebutkan bahwa makar ini sama dengan kudeta, padahal makar artinya berbeda dengan kudeta, dimana kudeta menurut kamus besar bahasa indonesia(KBBI) adalah perebutan kekuasaan pemerintahan secara paksa.

0 Response to "apasih ARTI makar, kok banyak netizen heboh dengan kata ini"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.