10 tips yang harus dilakukan sebelum belanja online, agar anda tidak tertipu

belanja online merupakan solusi bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk sekedar berbelanja, bukan hanya itu saja belanja online banyak di minati karena dengan berbelanja secara online kita bisa lebih banyak mendapatkan pilihan barang dan tidak malu untuk melihat-lihat dulu.

tips belanja online dari kuyalamban.com

berbeda dengan belanja offline yang mengharuskan kita datang ke tokonya, terkadang kita merasa malu jika harus masuk toko dan sekedar untuk melihat-lihat saja dan menanyakan harganya.
dengan belanja online, kita di beri keluasan untuk melihat-lihat barang dan harga yang kiranya sesuai dengan yang kita inginkan.

akan tetapi, ketika akan berbelanja online, banyak orang yang di hantui ketakutan mengenai marak terjadinya penipuan pada saat belanja online. saya sendiri pernah melakukan belanja online dari beberapa toko online yang sudah besar, seperti yang sering di iklankan di tetevisi, atau belanja dari toko online yang tidak pernah di iklankan, bahkan belanja hanya dari BBM tanpa mengetahui orang tersebut siapa juga pernah. namun alhamdulillah selama saya berbelanja online tersebut saya tidak pernah tertipu, dan mudah-mudahan jangan pernah tertipu.

suatu hari saudara saya bercerita bahwa dia pernah tertipu oleh agen kasur karakter, pada saat dia berbelanja online. jumlah tertipunya pun cukup besar yaitu 10jt rupiah. akhirya timbulah dalam benak saya untuk mencoba memberikan beberapa tips belanja online agar terhindar dari penipuan.

ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan berbelanja online, seperti berikut ini:

1. Pastikan toko online tersebut, tidak menggunakan domain gratis
 Bagi sobat yang tidak paham dengan web developer atau dengan dunia website, mungkin akan sedikit kesulitan untuk membedakan mana domain berbayar dan mana domain gratisan.
domain gratisan yang sering di gunakan sebagai toko online biasanya menggunakan sub domain blogspot.com, wordpress.com. atau menggunakan domain gratis seperti .tk atau .ml .ga
contoh:
namatoko.blogspot.com/ namatoko.wordpress.com/ namatoko.tk/ namatoko.ga/ namatoko.ml

Saya sarankan untuk tidak berbelanja dari toko-toko online yang berektensi seperti di atas, mengapa demikian????.....
sebuah website toko online adalah website yang serius, dan harus jelas asal usulnya, bagaimana bisa sebuah toko online yang serius masih menggunakan domain gratisan.

berbelanjalah pada toko online yang menggunakan ektensi domain berbayar seperti .com .co.id
contoh:
namatoko.com/ namatoko.co.id

Muncul pertanyaan, mengapa hanya kepada dua ekstensi domain tersebut saja, padahal masih banyak lagi domain berbayar yang lain??

Biasanya sebuah toko online hanya menggunakan ekstensi tersebut saja, contoh bukalapak.com, olx.co.id, tokopedia.com, elevenia.co.id, blibli.com dsb...

alasan pengguaan ekstensi domain ini cukup beralasan, mengingat  .com( komersil) .co.id( komersil indonesia), artinya sebuah ekstensi domain yang di gunakan untuk sebuah bisnis.


2. Ada proteksi pada website tersebut
Biasanya proteksi sebuah toko online menggunakan police online atau lain sebagainya, hal ini harus di perhatikan mengingat di takutkan terjadi peretasan, dan ini juga dilakukan agar kita merasa aman ketika berbelanja. atau sobat lihat saja pada bagian kiri atas URL, apabila ada gambar gembok warna hijau, sobat bisa megetahui bahwa website tersebut sudah terproteksi dengan menggunakan HTTPS.


3. Harga tidak muluk-muluk
Biasanya kita sering tergiur dengan harga yang sangat murah, namun harus di waspadai jika sobat menemukan hal tersebut. saya pernah menemukan yang seperti ini pada saat mencari laptop dan handphone.
pada saat itu saya mencari laptop di salah satu toko online dan menemukan laptop asus core I5 hanya 800.000, tentunya saya yang pada saat itu ngebet pengen punya laptop tergiur dengan harga tersebut, akan tetapi ketika saya berpikir ulang, masa iya harganya segitu, akhirnya saya mencari di sumber yang lain dan harganya sangat-sangat jauh berbeda. timbul di benak saya, bahwa itu adalah penipuan.

pada saat akan membeli handphone, saya juga pernah mendapatkan sebuah penipuan, yaitu handphone samsung s6 seharga 1.200.000, di tambah ada bonus bb gemini. siapa yang tidak tergiur dengan harga tersebut, saya sempat ingin membeli, tetapi hati kecil saya mengatakan bahwa itu adalah penipuan.

biasanya pada saat melancarkan aksi, si penipu sering menggunakna kata-kata yang memancing kita untuk membeli  handphone tersebut, dan membuat kita sangat-sangat ingin untuk melakukan pembelian pada si penipu tersebut.


4. Lihat feedback atau tanggapan dari orang lain
walaupun feedback ini sebenarnya bisa di palsukan, artinya kita jangan percaya 100% dengan feedback yang di berikan orang pada website tersebut. tetapi kita juga harus menghargai feedback yang di berikan orang tersebut pada website toko online yang sedang kita kunjungi, siapa tau pemberian feedback itu benar adanya.
lihat tanggapan yang orang lain berikan, apakah bersifat positif atau sebaliknya.


5. Jangan berikan kata sandi/password pada siapapun
sebuah toko online tidak akan meminta anda untuk memberikan password anda, jika hal itu terjadi maka berhati-hatilah, dan jangan pernah berikan. sebuah toko online biasanya hanya akan meminta email dan no telepon saja, untuk memudahkan pada saat konfirmasi dan pengiriman.


6. Pebisnis tidak bawel
Artinya seperti ini, anda harus berhati-hati dengan orang yang selalu tergesa-gesa ingin segera anda membayar pembelian anda, pengalaman saya dalam berbelanja online saya tidak pernah di paksa untuk segera melakukan pembayaran dengan pesan-pesan dari si penjual.
jika anda menemukan penjual yang seperti itu, yang ingin cepat-cepat anda membayar pemebelian anda, maka waspadalah terhadap penipuan.
tindakan tergesa-gesa tersebut indikasi bahwa si pelaku mengalami ketakutan akan kesadaran kita muncul, sehingga si pelaku akan memaksa kita untuk segera membayar, selalu pikiran kita belum berpikir secara logis kembali.


7. Lihat asal usulnya
saat kita bertransaksi, alangkah lebih baiknya jika kita tahu dengan siapa kita bertransaksi, mulai dari nama, alamat dan sebagainya. waspadai dengan akun-akun palsu yang tidak jelas kebenarannya.
nama dan nomer rekeningpun harus di perhatikan. biasanya sebuah tokoonline akan memasang no rekening mereka dalam website tersebut.


8. Setia pada situs yang anda percayai
Jika anda sudah pernah berbelanja online dan dirasa aman, alangkah lebih baiknya jika anda berlangganan pada toko online tersebut, dengan catatan anda sudah merasa aman dan nyaman dalam setiap transaksi yang di lakukan.


9. Agar lebih aman, belanja di toko online yang sudah di iklankan lewat televisi
Televisi merupakan salah satu media informasi yang hampir semua orang sudah mempunyainya, dengan munculnya sebuah iklan di televisi sudah dapat di pastikan bahwa toko online tersebut siap di kenal oleh masyarakat luas, termasuk oleh kalangan polisi cyber dan kalangan lainnya.
toko online yang sudah di iklankan di televisi, tidak menutup kemungkinan untuk terjadi penipuan, hanya saja, saya yakin bahwa kalaupun ada penipuan, itu bukan di lakukan oleh pemilih dari toko online tersebut, melainkan ada orang yang meretas dan masuk pada sistem toko online tersebut.


10. ketik sendiri URL nya
banyak sekali url-url jebakan yang sengaja di samakan dengan yang aslinya, usahakan jika anda ingin belanja online, untuk mengetik sendiri URL yang akan di akses, demi menghindari terjadinya kesalahan pada saat mengakses url yang di tuju.
contoh kasus:
seringkali ada orang yang mengirim sms " pemenang hadiah dari m-tronik, dengan kode ****** silahkan klik link berikut untuk mengambil hadiah anda" 
pada saat link di klik memang benar, bahwa websitenya tersebut sangat mirip dengan website aslinya, hanya saja, kebanyakan website penipu menggunakan domain gratisan, seperti yang sudah di atas di terangkan.


saya kira cukup sekian untuk tips dan trik agar terhindar dari penipuan saat belanja online.
Hal lain yang harus dilakukan adalah keyakinan anda, pada saat anda yakin maka lakukan, jika tidak maka jangan pernah untuk melakukan, perasaan yang sebenarnya timbul pada saat pertama saja, menurut psikologis hanya di 14detik pertama saja. jika di saat itu kita merasa ragu, maka jangan pernah untuk melakukan. 

semoga bermanfaat 

0 Response to "10 tips yang harus dilakukan sebelum belanja online, agar anda tidak tertipu"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.