Cara Optimasi SEO Blog Dengan Tepat, Cepat, Dan Mudah

Hello sahabat kuyalamban, salam hangat dari kami, semoga anda merasa nyaman berada di blog ini.
seperti pada judul dan seperti tujuan sobat semua datang kesini, kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara mengoptimasikan blog atau lebih di kenal dengan SEO.

SEO atau search enggine optimation adalah pengoptimalan pencarian dalam mesin pencari terhadap blog kita, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membuat blog kita mudah di temukan dalam pencarian, tujuan lain dari pengoptimalan ini adalah agar artikel yang kita buat bisa nangkring di page one mesin pencari, betul kaaann???

Namun dalam kenyataannya untuk mendapatkan page one itu sangat sulit sekali, mengingat banyaknya blogger yang bersaing untuk mendapatkan posisi tersebut. walaupun demikian bukan tidak mungkin bahwa artikel di blog kita akan nagkring di page one mesin pencari, selama ada usaha pasti akan ada hasil yang memuaskan.

Dalam dunia blogging SEO ini di bagi menjadi dua bagian yaitu SEO on page dan SEO off  page.
secara bacaan memang tidak jauh berbeda hanya berbeda pada on atau off, untuk lebih jelasnya adalah
SEO on page yaitu cara pengoptimalan blog dari dalam, misalnya dengan pengaturan TATA LETAK, META TAG, PEMBUATAN ARTIKEL BERKWLITAS dsb. atau secara gamblang bisa kita sebut pengoptimalan melalui dasbor blog kita, artinya pengoptimalan dimana kita harus log in dulu terhadap akun blog kita.
Sedangkan SEO off page adalah cara pengoptimalan di luar dari dasbor blog kita, jadi kita tidak harus masuk dulu ke dalam akun blog untuk mengoptimalan off page ini.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT SEO BLOG????
Pertanyaan inilah yang pasti selalu ada di benak kalian, sehingga sekarang kalian ada di blog ini, hehe..
cara pengoptimasian blog ini sebenarnya sobat semua juga sudah melakukannya, tetapi karena sobat belum tahu, jadinya sobat serasa belum melakukannya. caranya adalah

1. Memilih template yang tepat
pemilihan template yang tepat dapat mempermudah anda untuk mendapatkan seo, mengapa demikian???..karena template yang baik biasanya sudah di lengkapi dengan pengoptimalan SEO, apa hanya pengoptimalan SEO saja???, TIDAK. template yang baik adalah tempalte yang mempunyai banyak fitur unggulan seperti mobile friendly, responsive, fast loading, dan sebagainya. waaaahhh berarti harus membeli template premium dong??? TIDAK. sekarang sudah banyak template gratis dan fiturnya tidak boleh di ragukan. sobat hanya tinggal memilih saja.

sebagai panduan dalam memilih template, sobat bisa membacanya DISINI


2. mengatur tampilan
atur tampilan sedemikian rupa, agar terlihat menarik dengan tujuan agar orang yang masuk ke blog sobat merasa nyaman. hindari pemasangan iklan yang terlalu banyak dan menggangu. pasangkan widget atau script yang sekiranya perlu saja, seperti popular post dan tidak perlu memasang arsip blog karena jarang orang melihat arsip blog. gunakan warna yang sesuai dengan mata anda dan sekiranya sesuai dengan mata pengunjung anda. jangan sampai menggunakan warna yang terlalu cerah sehingga menyilaukan mata pengunjung blog anda.


3. membuat artikel berkwalitas
SEO tidak lepas dari pembuatan artikel yang baik, akan tetapi baik itu banyak lagi kategori-kategorinya, itulah yang salah satunya adalah pembuatan artikel original. banyak sekali blog-blog yang membuat postingan artikel hasil kopi paste dan tentunya itu sangat merugikan bagi orang yang membuat artikelnya.
selain artikel harus original juga harus di perhatikan ke rapihannya.
mengenai membuat artikel yang berkwalitas dimata mesin pencari, saya juga belum tahu pasti apa syaratnya. karena saya sendiri kadang membuat artikel asal-asalan malah masuk page one, tetapi waktu saya membuat artikel yang benar-benar serius membuatnya, malah tidak masuk page one.
pernah ada orang yang bilang syarat artikel berkwalitas adalah min 300 kata, ada lagi yang bilang min 700 kata. tetapi saya membuat kurang dari 300 kata malah bisa masuk page one google. simak caranya DISINI


4. promosi
lakukan promosi ke sosial media dan teman sekitar anda. sudah bisa di katakan ke dalam langkah untuk mendapatkan SEO, karena dengan kita promosi maka ada teman yang tertarik dan mulai mencari blog kita lewat sosial media, bahkan sering orang melakukan blogwallking, hanya untuk mendapatkan posisi satu di mesin pencari. bukan hanya itu saja, bahkan ada pertukaran link, atau dalam istilah blog disebut backlink. memang benar, jika kita mendapatkan backlink berkwalitas maka blog kita akan lebih di percaya oleh mesin pencari untuk menempati posisi teratas di mesin pencari.

sebenarnya bukan hanya empat cara di atas saja yang dapat di lakukan untuk membuat blog kita lebih ramah terhadap seo, ada lebih banyak dari itu.
dan sebenarnya ketika saya menuliskan nomer sebagai poin-poin di dalamnya tidak terdapat satu inti saja, jika sobat lebih bijak dalam membaca dan memahami setiap kata, maka sobat akan mendapatkan hal baru yang tidak saya tuliskan sebagai poin-poin.

pengoptimasian seo juga tidak semua bisa kita lakukan, tetapi ada pengoptimasian lain yang hanya bisa di lakukan search enggine. bukti yang dapat memperkuat pendapat saya ini adalah pada blog saya yang sudah berumur cukup tua, walaupun tidak saya urus layaknya blog ini, akan tetapi pengunjung blog itu tetap saja ada yang masuk. bahkan pernah lebih banyak dari pengunjung yang datang ke blog ini.

inti dari seo adalah pengoptimalan mesin pencari, jadi sebenarnya sobat semua juga sudah melakukannya. hanya saja mungkin belum seoptimal yang seharusnya. saya kira sobat semua cukup memenuhi ke empat cara di atas saja sobat sudah bisa mendapatkan seo. dan satu hal yang jangan sering di lakukan dari ke empat cara di atas adalah pada blogwallking, cukup sesekali saja. jangan sampai terlalu sering mendatangkan pengunjung dari hasil blogwallking, karena google akan menyebutnya dengan pengunjung tidak organik.

oke sobat, sepertinya postingan kali ini cukup sekian, semoga bermanfaat bagi kita semua. amin

0 Response to "Cara Optimasi SEO Blog Dengan Tepat, Cepat, Dan Mudah"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.