bahaya mandi malam hari pada kesehatan



BAHAYA MANDI PADA MALAM HARI

Apakah anda pernah mandi pada malam hari?? …kalo pernah sih gapapa, hehe… tapi apakah anda sering mandi pada malam hari???....

Jika anda masih sering mandi pada malam hari berarti anda belum tau akibatnya, ya kan sob :D
Saya juga sering mandi pada malam hari sob, itu karena kerja saya yang pulangnya sore, jadi saya terpaksa mandi pada malam hari, dari pada gak mandi sama sekali, dalam pikiran saya sih gituuu..:D

Pantesan orang zaman dulu ada istilah jangan mandi waktu magrib, takut mati ni negeri orang. Mungkin jika kita kaji secara ilmiah artinya adalah bukan mati di negeri orang, tetapi ada bahaya di balik itu.
Pertanyaan nya sekarang adalah, sebahaya itukah mandi pada malam hari sampai-sampai di istilahkan mati di negeri orang??..

Baiklah dari pada penasaran kita langsung saja simak beberapa akibat yang di timbulkan dari mandi malam di bawah ini.

1.    MASUK ANGIN

Mandi di malam hari sama halnya dengan mandi pada saat tubuh masih panas sehabis olahraga, mengapa demikian??....
Tubuh mengatur suhu tubuh agar setabil, artinya tidak dingin dan tidak panas, jika suhu ruangan dingin, maka tubuh akan menghangatkan diri. Dan pada saat ruangan panas tubuh akan mendinginkan diri.
Pada malam hari suhu tubuh sedang panas, kerena melawan rasa dingin dari luar. Sebagai contoh kita lihat mesin motor yang sedang panas, lalu kita siram dengan air, maka lihat yang terjadi. Atau kita lihat gelas yang di isi air panas dan di masukan pada lemari pendingin, maka akan pecah. Maka bahaya yang terjadi pada malam haripun seperti demikian.

2.       NYERI OTOT

Seperti pada pembahasan di atas, ketika otot menghangatkan diri dan di siram air dingin maka yang terjadi otot bisa mengerut atau mengecil secara tiba-tiba. Seperti botol air minum yang di isi air panas lalu di celupkan pada air dingin.

3.       METABOLISME TUBUH TERGANGGU

Malam hari adalah waktu untuk tubuh beristirahat. Jika kita mandi malam hari dan ada air yang masuk kedalam tubuh melewati pori-pori maka akan terjadi gangguan pada metabolism. Bahaya lain adalah akan terjadi penuaan dini karena terjadi gangguan pada metabolism tubuh tadi.

4.       REUMATIK

Reumatik adalah penyakit yang di akibatkan oleh adanya peradangan pada persendian sehingga akan terasa nyeri pada sendi yang terkena penyakit ini. Walaupun penyakit ini tergolong ke dalam penyakit yang berbahaya tetapi akibat yang di timbulkan oleh penyakit ini sangat membuat kita tidak nyaman,.

Itulah beberapa akibat yang di timbulkan jika mandi pada malam hari, tetapi dari beberapa sumber saya dapat bahwa kita masih bisa mandi pada malam hari dengan menggunakan air hangat. Tetapi sepengalaman saya, mandi menggunakan air hangat ini memang akan merasa enak tidak kedinginan, tetapi itu hanya pada saat mandi aja yaa..ketika anda sudah mandi silahkan anda rasakan ketika tubuh mulai melawan hawa hangat di luar dengan membuat suhu tubuh lebih dingin, kita justru akan merasa lebih dingin setelah mandi dengan air hangat dari pada mandi dengan air dingin.

0 Response to "bahaya mandi malam hari pada kesehatan"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.