antara blogger atau wordpress

Hello sahabat kuyalamban, salam hangat dari kami semoga anda merasa nyaman berada di blog ini.

kali ini saya akan memberikan sedikit pencerahan mengenai pilihan antara blogging di blogger atau di wordpress. saya pernah mencoba keduanya sob dan kali ini saya akan memceritakannya.

awalnya saya melakukan blogging di blogger dan membeli hosting serta domain sendiri agar blog saya terlihat lebih profesional walaupun saya nya belum profesional. akhirnya pada tanggal 26-09-2016 saya melihat trafik blog saya sudah stabil dan berencana memindahkannya ke wordpress.

akhirnya saya blogging di wordpress walaupun harus kembali ke awal karena saya kurang paham dengan menu-menu yang ada di wordpress tetapi saya merasakan kemudahan-kemudahan yang ada wi wordpress khususnya self host. di antara kemudahan itu adalah dengan satu kali klik kita sudah bisa menbuat yang kita inginkan.
 misalnya kita ingin membuat blog kita seo, kita hanya perlu meginstall plugin yang sudah di sediakan, dan kemudahan lain yang saya dapatkan adalah pada saat mengedit tema.


berbeda dengan template, tema lebih mudah untuk di edit karena kita hanya perlu mengikuti intruksi yang di sediakan saja, tidak perlu edit html dan lain sebagainya. bukan hanya itu saja tetapi blog juga sangat ringan.

tetapi mungkin sobat bertanya kok sekarang saya memakai blogger bukan memakai wordpress.

alasannya seperti ini, sebenarnya saya sudah merasa enak menggunakan wordpress selfhosted, tetapi karena media penyimpanan saya yang saya sewa terlalu kecil membuat kapasitasnya hampir penuh. parahnya lagi penuhnya itu bukan karena postingan tetapi karena menginstall plugin-plugin yang sangat menarik.akhirnya pada tanggal 29-09-2016 saya memutuskan untuk kembali menggunakan blogger sebagai platform yang saya gunakan. walaupun saya seperti kembali dari awal karena trafik yang anjlok dan sebagainya.


mungkin pelajaran yang dapat saya bagikan kepada sobat adalah jangan bertindak dengan terburu-buru. dan jika sobat hanya menyewa hosting sebesar 100mb jangan coba-coba untuk menggunakan self hosted, karena percuma sob.
namun demikian saya tidak melarang bagi kalian yang akan menggunakannya, bahkan hampir 95% blogger menggunakan wordpress sebagai platformnya.

semoga bermanfaat.


0 Response to "antara blogger atau wordpress"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.