atasi mata minus dengan cara alami ini



hello sahabat kuyalamban, salam hangat dari kami semoga anda merasa nyaman berada di blog ini. Kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit tips bagaiman cara untuk mengobati mata minus, Atau daya penglihatan berkurang secara alami.


Mata merupakan salah satu indra yang sangat penting bagi kehidupan kita, tentunya kita patut bersyukur kepada tuhan yang maha esa karena telah memberikan mata yang sempurna kepada kita, secanggih apapun teknologi yang manusia kembangkan, tidak ada yang bisa menandingi ciptaan tuhan.


Salah satu tugas kita sebagai mahluk yang di ciptakan tuhan adalah untuk menjaga ciptaannya, termasuk dalam pembahasan kita kali ini adalah menjaga kesehatan mata.

Sebelum ke bagaimana cara mengobati mata alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui apa penyebab dari berkurangnya daya penglihaan ini.



Factor keturunan
 
Mungkin ada dari orangtua kalian yang memiliki daya penglihatan yang kurang, bisa jadi anda juga mengalami hal yang sama, karena bgaimanapun juga genetic akan turun kepada turunannya.
“orang tua saya mempunyai daya penglihatan yang baik, tapi kenapa saya tidak??” genetic tidak hanya di turunkan oleh ibu atau bapak kita saja, tetapi dari kakek nenek bahkan buyut kita juga bisa di turunkan. teori ini sesuai dengan pelajaran biologi yang mungkin sobat sudah mendapatkannya di sekolah.


Pola hidup

Pola hidup yang tidak sehat juga bisa membuat daya penglihaan kita berkurang, tentu ini sudah jelas karena yang namanya hidup tidak sehat lambat laun akan berpengaruh kepada setiap aspek kehidupan, contoh kecil jika anda sering membaca buku sambil tiduran, naah prilaku seperti ini salah satu dari buruknya pola hidup kita, belum lagi dari makanan yang kita makan.


Terlalu sering menatap layar

Maksud  menatap layar disini adalah layar televisi, handphone, computer dan lain sebagainya. Zaman ini adalah zaman modern dimana teknologi sudah menjadi peran penting dalam kehidupan kita. Tidak bisa di pungkiri bahwa setiap hari kita menggunakan handphone, dan setiap hari kita pasti menonton televisi, apalagi sudah ada sinetron yang anda suka, sehari gak nonton saja serasa gimanaaaa gitu. Hal-hal seperti juga ikut berperan menjadi factor pengurang daya penglihatan anda.


Kurang berisitirahat

Mungkin anda anak kuliah atau orang kantoran atau bahkan masih pelajar sekolah, jangan paksakan diri anda untuk bekerja sampai larut malam, walaupun kerjanya itu adalah mengerjakan tugas, berikan dulu istirahat pada mata anda walaupun hanya sebentar. Apalagi jika anda begadang hanya untuk menonton bola :D


Sebagai pengantar untuk pembahasan kita yang sebenarnya, saya rasa itu juga cukup, mari kita menuju ke cara mengobati mata minus secara alami, sebenarnya disini tidak bisa mengobati sampai total, tapi bisa untuk mengurangi.

1.     
                                                              Lihat objek jauh dekat


Rutinitas ini saya lakukan dengan cara bermain bulutangkis, karena bukan hanya membuat badan sehat olahraga ini juga melatih mata kita untuk melihat objek jauh dan dekat secara cepat. Sehingga mata kita akan terlatih seiring mengikuti laju shuttlecock yang kita pukul.

                           

                                                                                                                   Jangan gunakan kacamata

Berdasarkan pengamatan saya ketika melihat teman saya yang menggunakan kaca mata, penggunaan kacamata bukan membuat minus hilang melainkan minus bertambah. Pernah saya tanyakan kepada teman saya dan ternyata teman saya bilang semakin lama minus semakin besar. Lalu saya tanyakan kepada guru fisika saya karena pada saat itu membahas tentang optic, guru saya menjawab..ketika kita menggunakan kacamata pembantu maka mata akan merasa nyaman dan mata cenderung tidak terlatih, kalo di bahasa kita. Mata itu menjadi manja, sehingga seiring bertambahnya usia maka akan bertambah juga minus nya.
 
Tetapi bagi anda yang sudah bergantung pada kacamata bantu, jangan langsung untuk tidak memakainya, mulailah secara bertahap, misalkan anda di rumah tidak menggunakan tapi jika sekolah menggunakan, nanti berkembang menjadi anda hanya menggunakan saat anda belajar saja, dan akhirnya nanti anda akan terbebas dari kebiasaan berkacamata.


    Perbanyak istirahat dan melihat pemandangan hijau

Jangan biarkan mata terlalu lelah dan cobalah sesekali untuk pergi ke taman jika anda orang perkotaan dan jika anda orang kampung mainlah ke pesawahan, seperti yang sering saya lakukan di kampung halaman, karena selain  membuat mata rileks pernapasan juga lebih terasa enak.


    Perbanyak makan buah dan sayur

Apapun yang kita lakukan, jika tidak di dukung dengan asupan yang cukup maka akan sia-sia saja, artinya segala sesuatu harus seimbang.


 Ubah kebiasaan buruk 

Mungkin anda memiliki kebiasaan buruk seperti membaca sambil tiduran, atau memainkan hp sambil tiduran, atau bahkan sering menonton televisi terlalu dekat, mulai dari sekarang ubahlah kebiasaan itu menjadi lebih baik.

mungkin hanya itu saja sob, untuk kali ini.semoga bermanfaat dan jika sobat adalah penderita semoga lekas sembuh :)

0 Response to "atasi mata minus dengan cara alami ini"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.