Penyebab dan cara mengatasi bau mulut

Bau mulut merupakan suatu permasalahan yang kerap kali kita hadapi saat berpuasa, namun bukan hanya pada saat berpuasa saja, bau mulut juga sering terjadi di hari hari biasa, mengapa bisa demikian??, mari kita kenali beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

1.Kurang minum.

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi menyebabkan produksi saliva (air liur) menurun. Padahal salah satu fungsi saliva adalah untuk membersihkan bakteri-bakteri di dalam mulut. Saliva juga menjaga sel-sel di dalam mulut tetap hidup. Jika kita kekurangan saliva, maka sel-sel di dalam mulut banyak yang mati. Sel-sel mati ini juga bisa menjadi sumber bau busuk. Minumlah air dalam jumlah cukup, sekurang-kurangnya 1,8 liter air per hari.

2.Makanan

Makanan adalah salah satu sumber dari bau busuk yang datang dari mulut. Beberapa makanan, seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas bahkan beberapa keju, ikan, dan minuman asam seperti kopi dapat meninggalkan bau yang dapat bertahan lama di mulut.

3.Tembakau

Merokok selain menyebabkan penyakit gusi atau kanker mulut, dapat menjadi pemicu penyebab bau mulut.

4.jarang gosok gigi

tidak menyikat gigi secara teratur, makanan yang tersisa di dalam mulut akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Perawatan gigi yang buruk dapat menyebabkan penumpukan plak di mulut sehingga membuat gigi anda menjadi rusak.

5.Gangguan Kesehatan

Gangguan kesehatan juga menjadi salah satu penyebab bau mulut, contoh yang sering terjadi adalah pada saat panas dalam.

6.Mulut Kering (Xerostomia)

Mulut kering juga dapat menyebabkan bau mulut. Air liur membantu melembabkan dan membersihkan mulut, dan ketika tubuh tidak cukup produk air liur, bau mulut bisa terjadi.
Hal ini sering terjadi saat kita puasa, Mulut kering sebenarnya terjadi biasanya disebabkan oleh masalah kelenjar ludah, gangguan jaringan ikat, obat-obatan, atau bernapas melalui mulut.

7.Obat

Mengkonsumsi obat juga bisa menyebabkan bau mulut
Banyak obat, termasuk antihistamin dan diuretik, dapat menyebabkan mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut.

Itu merupakan beberapa penyebab dari bau mulut, untuk mencari cara mengatasinya bisa di lakukan dengan cara:

1. Rutin menggosok gigi

Hal paling mendasar yang harus Anda lakukan adalah rutin menggosok gigi, setidaknya 2 kali sehari. Ketika menggosok gigi janganlah terlalu agresif karena hal tersebut bisa menghancurkan enamel yang membuat gigi Anda lebih rentan terhadap kerusakan.

2.Gunakan obat kumur anti-bakteri

Setiap bangun tidur, usahakan untuk segera berkumur dengan obat kumur anti-bakteri selama beberapa detik. Kebiasaan ini akan membuat bakteri yang bersarang di dalam mulut ketika Anda tidur menjadi berkurang dan plak juga ikut berkurang.

3.Berhenti merokok
Untuk 100% berhenti dari kebiasaan merokok memang sulit, dan sangat sulit. Tetapi bila Anda tidak ingin dijauhi orang-orang sekitar karena bau napas Anda, lebih baik motivasi diri untuk mengurangi kebiasaan merokok hingga nanti dapat berhenti total.

4. Perbanyak minum air putih

Air putih akan membuat mulut Anda terjaga dari dehidrasi (kekurangan cairan). Berkurangnya air liur di dalam mulut dapat menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, dalam sehari usahakan agar mulut tidak kering, caranya dengan memperbanyak minum air putih. Apabila cara ini dirasa tidak berhasil kunjungi dokter gigi untuk konsultasi seputar problem yang sedang Anda alami.

5.Minum teh hijau

Teh hijau dapat menghidrasi tubuh kita, sehingga asupan air dalam tubuh lebih baik lagi, minum lah teh hijau 2-3 cangkir sehari.

6. Apel dan Wortel

2 jenis buah ini sangat baik untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa menjadikan dua jenis buah ini menjadi satu dengan cara dibuat Jus. Pada intinya semua macam aneka buah & sayur yang mempunyai kandungan serat banyak bisa mengatasi aroma bau mulut.

7.timun

Makan timun bisa dilakukan setelah makan atau sambil makan, timun bisa mengurangi bau mulut karna timun mengandung banyak air, sehingga mulut kita akan basah dan mencegah terjadinya bau mulut.

Sekian dulu untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab dan cara mengatasi bau mulut"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.