Cara aman meninggalkan rumah

Hello sob,Tak terasa yaa lebaran sebentar lagi, acara mudik sudah menjadi hal yang wajib bagi sebagian orang terutama yang bekerja jauh di luar kota.
Yaa, bagi sebagian orang yang bekerja jauh di perkotaan, saat lebaran adalah saat yang paling di tunggu karena pada saat lebaranlah mereka bisa cuti pulang ke kampung halaman, baik itu untuk silaturahmi atau melepas rindu kepada orang tua, saudara ataupun teman lama.

Walaupun teknologi informasi sudah jauh berkembang, yang salah satu manfaat nya untuk kita adalah bisa tetap berkomunikasi walaupun dalam keadaan berjauh-jauhan, bukan hanya sekedar mendengar suara lewat telepon, tetapi kita juga bisa bertatap wajah langsung dengan lawan bicara kita, yaa,, itu semua berkat kemajuan teknologi.
Tetapi, walaupun demikian, acara mudik tetaplah menjadi hal yang selalu di utamakan saat lebaran tiba, sudah dapat di pastikan bahwa tiap tahun nya, jumlah orang yang mudik mengalami kenaikan.

Namun demikian, saat mudik seperti inilah yang kerap menjadi incaran para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya.
Keadaan di komplek atau perumahan yang sedang dalam keadaan sepi menjadikan para pelaku kejahatan lebih leluasa dalam melancarkan aksinya.

Bukan hanya satu atau dua kasus yang sudah terjadi, mengenai pencurian rumah di saat penghuni rumah sedang mudik, sudah banyak terjadi kasus seperti ini dan tentunya ini menjadikan kita sering merasa takut pada saat meninggalkan rumah, tetapi bukan hanya itu saja yang menjadi kekhawatiran para pelaku mudik saat meninggalkan rumah, konsleting listrik dan kebocoran gas pun kerap kali menjadi momok menakutkan saat harus meninggalkan rumah.

Ikuti tips berikut, saat anda akan meninggalkan rumah.

1.jangan memberikan tanda bahwa rumah sedang kosong.
Tanpa kita sadari, saat meninggalkan rumah kita sering menyalakan lampu tanpa ada yang mematikan nya, ini bisa jadi tanda bahwa rumah sedang kosonh, jaman sudah semakin canggih apa salahnya kita menggunakan lampu yang sudah bisa di sinkronkan dengan hp kita, hanya dengan mengirim sms, kita bisa menyalakan dan mematikan lampu dari kejauhan.

2. Bersihkan halaman.
Halaman rumah yang kotor dapat menjadi tanda bahwa rumah sedang tidak berpenghuni, sebaiknya anda bersihkan dulu halaman rumah.

3.kunci rumah
Pastinya ini sudah menjadi hal yang wajib saat kita akan meninggalkan rumah, tetapi tips kali ini adalah menggunakan kunci ganda, lebih di sarankan untuk menggunakan kunci ganda pada pintu belakang atau jendela, karna pintu belakang yang jauh dari Pengelihatan orang sekitar. Bisa menjadi target para pelaku kejahatan.

4.cabut semua listrik dan regulator gas, jika tidak memungkin kan untuk mematikan nya dari kwh karna misalkan di dalam rumah ada kulkas yang harus menyala, dan mencabut saluran gas dari regulator akan lebih aman di banding hanya mematikan dari kompor saja, karna sering terjadi selang gas di gerogoti tikus, tentunya di takutkan akan terjadi kebocoran gas.

5.simpan barang berharga di tempat yang paling aman, lebih di sarankan adalah menyimpannya di tempat yang tahan api, untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak di inginkan

6.pamitan kepada RT atau keamanan kampung, beritahukan kepada mereka bahwa anda akan meninggalkan rumah, sehingga mereka bisa memantau keadaan rumah, dan berikan no telepon agar dapat di hibungi jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak di inginkan.

7.pasang cctv
Cara ini cukup ampuh, pasanglah cctv di tempat tersembunyi.

8.bagi anda yang suka menyimpan kunci di bawah karpet atau pun pot bunga, hindarilah hal ini jika anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, dan sebaiknya ubahlah kebiasaan ini untuk tidak meninggalkan kunci di bawah karpet bahkan untuk waktu yang sebentar.

9.titipkan rumah pada tetangga atau kerabat dekat anda yang anda percaya agar mereka bisa memantau rumah kita, kita bisa meminta bantuan untuk menyalakan atau mematikan lampu, sehingga terhindar dari penyalaan lampu yang terus menerus.

10. Jika anda memiliki motor atau pun mobil yang tidak bisa anda bawa saat mudik, sebaiknya titipkan ke penitipan atau ke polsek terdekat sehingga kendaraan kita lebih aman.

Disini berlaku juga pribahasa MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA MENGOBATI
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara aman meninggalkan rumah"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.