Waspada penipuan kerja, ciri-ciri lowongan kerja yang patut di waspadai



Kerja adalah salah satu kewajiban yang harus di lakukan oleh setiap orang, baik itu kerja di perusahaan orang lain, perusahaan sendiri, atau sebagainya. terkadang di saat banyak orang yang sedang mencari lowonagn pekerjaan, baik itu lulusan SMA, Diploma, atau strata dan sebagainya. ada saja segelintir orang yang ingin mempermainkan para pencari kerja. 

Terkadang orang tersebut ingin mencari keuntungan dari para pencari kerja atau hanya sebatas iseng dan hanya mempermainkan orang yang sedang mencari kerja. 

di buatnya artikel ini juga berdasar pada beberapa kasus yang terjadi, mengenai penipuan kerja yang di lakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. hebatnya lagi si penipu sangat-sangat menggeluti profesinya, sampai-sampai dia membuat website pencarian kerja yang sangat rapi sehingga membuat para pencari kerja sangat percaya bahwa lowongan kerja itu nyata adanya. seperti pada beberapa testimoni berikut:


masih ada lagi beberapa orang yang memberikan testimoninya mengenai penipuan kerja dari sebuah website yang mereka dapat di internet. namun saya tidak akan memberikan terlalu banyak gambar, sehingga ketika sobat masuk blog saya, sobat tidak akan mengalami kendala loading yang lama karena gambar yang terlalu banyak.

kebanyakan orang tertipu oleh situs-situs yang ada di internet, sebagaimana kita ketahui bahwa internet adalah salah satu fasilitas yang memang sangat membantu dalam berbagai macam hal, termasuk dalam hal pencarian kerja, akan tetapi banyak juga orang yang menyalahgunakan internet sebagai salah satu sarana untuk melakukan sebuah penipuan.

ada beberapa tips yang harus kalian pahami jika tidak ingin tertipu oleh lowongan-lowongan pekerjaan yang abal-abal.

  • PEREKRUTAN BERBAYAR
 Banyak sekali orang yang memanfaatkan para pencari kerja sebagai bahan penghasilan mereka, ada yang meminta bayaran untuk masuk kerja dengan iming-iming langsung di terima kerja atau ada yang meminta bayaran untuk kelancaran proses perekrutan dan sebagainya. 

sebuah perusahaan biasanya tidak akan meminta bayaran apapun kepada orang-orang yang sedang mencari lowongan pekerjaan di perusahaan nya, tetapi terkadang malah orang-orang yang mencari kerjalah yang mencari-cari orang yang siap untuk di bayar, demi mendaparkan pekerjaan. 

hal seperti ini patut untuk di waspadai, apalagi jika harus menyerahkan uang terlebih dahulu, karena ada beberapa perekrutan yang harus menyerahkan uang terlebih dahulu, baru ikut seleksi perekrutan, atau mungkin juga ada orang yang siap di bayar apabila sudah benar-benar masuk atau sudah di terima kerja.

Beberapa kasus yang sudah terjadi adalah uang sudah di ambil, tetapi si pencari kerja tidak di terima juga. hal inilah yang menjadi fokus utama harus berhati-hatinya mengenai perekrutan yang berbayar.

  • DI TERIMA TANPA PROSES WAWANCARA
Wawancara adalah proses yang wajib di ikuti oleh setiap para pencari kerja, namun biasanya di tahap atau proses inilah banyak orang yang gagal dalam mendapatakan pekerjaannya. tak heran mengapa banyak orang yang enggan untuk mengikuti tahap ini. mungkin dari situlah muncul ide nakal para penipu untuk memanfaatkan kesempatan yang ada.


  • DESKRIPSI PEKERJAAN YANG TIDAK JELAS
Undangan wawancara yang mencantumkan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas patut di waspadai, bisa saja pekerjaan yang di tawarkan tidak sesuai dengan yang di lamar, atau mungkin saja deskripsi dari pekerjaan yang tidak jelas bisa berupa pendeskripsian dari pekerjaan yang nantinya harus di lakukan berbeda dengan yang banyak orang ketahui.
misal kita melamar bagian operator produksi, sudah pasti deskripsi dari pekerjaan yang kita lamar ini adalah bertanggung jawab dalam proses produksi. bukan hal lain yang di deskripsikan misal kita melamar operator produksi, di deskripsinya di tulis memastikan kualitas barang yang turun ke pasaran dalam keadaan baik.
tentu saja hal ini sudah berbeda deskripsi, karena yang bertanggung jawab dalam kelayakan adalah seorang quality controle.

  • ALAMAT EMAIL DAN WEBSITE MENCURIGAKAN
Banyak orang yang mengenal internet, hanya sekedar mengenal saja buka memahami dan mengenal secara mendalam, sehingga banyak orang yang dengan mudahnya tertipu oleh orang-orang yang menggunakan fasilitas internet untuk melakukan penipuan.

banyak website-website yang di buat hanya demi kepentingan penipuan, dan biasanya orang-orang tersebut melakukan penipuan dengan website gratisan, mungkin jika nantinya di blok pun dia tidakakan rugi karena dia tidak mengeluarkan uang untuk menyewa hosting dan domain website nya. 

website-website tersebut biasanya berdomain gratis, seperti .blogspot.com/wordpress.com
dan menggunakan email gratis pula, seperti @gmail.com atau @yahoo.com
contoh email berbayar(bukan gratis)adalah recruitment@kuyalamban.com.

jadi, untuk membedakan email berbayar biasanya ada nama website dia sendiri di belakangnya.

  • GAJI YANG TERLALU TINGGI
Siapa yang tidak tergiur dengan tawaran gaji yang tinggi dan pekerjaan yang tidak terlalu berat, tentunya pasti semua orang menginginkan hal ini.
banyak orang yang berekspestasi mendapatkan penghasilan yang besar sehingga lupa akan logis tidaknya apa yang dia lakukan, hal ini bisa di jadikan kesempatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

dengan adanya kasus-kasus tersebut bisa di jadikan indikasi bahwa masih banyak orang-orang yang menipu dan tertipu dengan cara ini.

  • LAMARAN DAN UNDANGAN LEWAT SMS
Sepengetahuan saya saat ini, ada satu website yang sedang di hujat oleh para netizen, mengenai informasi-informasi lowongan kerja yang di berikan itu 90% bohong. website itu adalah trovit.
saya sendiri pernah melakukan pencarian kerja lewat website tersebut, dan ternyata memang benar disana banyak sekali lowongan-lowongan yang menggiurkan. 

ada yang gaji besar, fasilitas lengkap dan sebagainya. namun di sayangkan lamaran hanya menggunakan SMS. 
iseng-iseng saya mencoba meng SMS no tersebut dengan format yang di tentukan, layaknya pencari kerja lain. dan ternyataa...tidak sampai satu hari, sudah ada balasan SMS pada saya yang menyebutkan saya layak dan segera di minta interview di bekasi.

namun demikian, saya tidak berangkat untuk interview, karena banyak orang yang memberitahukan bahwa website tersebut menyediakan lowongan pekerjaan yang menipu.

 mungkin ada di benak kalian, untuk apa melakukan penipuan melalui website??
bagi seorang webdevelover atau katakanlah seorang blogger, pengunjung di website itu sangat penting. karena dapat menghasilkan uang, akan tetapi kalian jangan berpikir bahwa jika punya website akan dapat uang, karena ada hal-hal yang harus di lakukan, di antaranya mencari sponsor dan iklan.

seorang blogger akan mendapatkan uang saat ada iklan yang tayang di blognya, dan syarat untuk menayangkan iklan adalah harus memiliki pengunjung banyak. oleh karena itu, tidak heran mengapa orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. 

0 Response to "Waspada penipuan kerja, ciri-ciri lowongan kerja yang patut di waspadai"

Post a Comment

suatu kehormatan bagi kami, jika anda mau berkomentar mengenai BLOG ataupun ARTIKEL di blog ini.